Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2022-03-15 09:47:47

YUK, JAGA KESEHATAN GINJAL KITA MULAI DARI SEKARANG

Ginjal, merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh kita. Ukurannya hanya sekepalan tangan yang ada di bagian bawah tulang rusuk, yaitu di kedua sisi tulang belakang. Meskipun ukurannya kecil, namun fungsinya sangat penting karena ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air dan kotoran dalam darah. Produk limbah ini, kemudian akan disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Selain itu, ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Karena fungsinya yang sangat penting, kita perlu menjaga kesehatan ginjal dengan cara sebagai berikut:

1.     Menyukupi kebutuhan air

Menyukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih dapat membantu melancarkan proses penyaringan darah saat membuang limbah, air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

2.     Pola makan yang sehat

Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang dengan memperbanyak makan buah dan sayur, biji-bijian seperti gandum, roti dan nasi, menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, gula dan garam berlebih serta menghindari konsumi alkohol akan membantu  proses kerja ginjal dengan baik.

3.     Hindari merokok

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, akibatnya penyaluran darah ke jaringan-jaringan tubuh termasuk ginjal menjadi terhambat. Selain itu, akibat terhambatnya terhambatnya aliran darah, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah dapat terpompa, hal tersebut dapat meningkatkan risiko hipertensi dan menjadi penyebab sakit ginjal.

4.     Hindari mengonsumi minuman beralkohol

Efek zat diuretik yang terkandung dalam alcohol dapat meningkatkan produksi urin, akibatnya ginjal sulit untuk mengatur aliran urin dan cairan dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan elektrolit dan menyebabkan dehidrasi.

5.     Berolahraga rutin

Olahraga secara teratur dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah, glukosa dan kadar kolesterol yang merupakan hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.

Sumber:

Kidney Damage. (2020). National Institute on Drug Abuse. Diakses pada 11 Maret 2022

Kidney Disease Prevention. (2019). Health Direct. Diakses pada 11 Maret 2022

Your Kidneys & How They Work. (2018). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diakses pada 11 Maret 2022.


(Miftahul Jannatul Madaniyah, SKM)

Download File