Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • BERITA PUSKESMAS
2022-07-23 09:46:53

MERIAHKAN ULANG TAHUN BPJS KE-54, UPTD PUSKESMAS SAWANGAN ADAKAN SENAM PROLANIS, EDUKASI KESEHATAN DAN SKRINING KESEHATAN

  • Depok (15/07/2022) -  Pada hari Selasa, 12 Juli 2022, UPTD Puskesmas Sawangan menyelenggarakan kegiatan Senam Prolanis, Edukasi Kesehatan dan Skrining Kesehatan di halaman Puskesmas. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk partisipasi UPTD Puskesmas Sawangan dalam memeriahkan ulah tahun BPJS ke-54.

    dr. Nindya Permata Yuswananda, selaku Koordinator Program Prolanis UPTD Puskesmas Sawangan mengatakan bahwa kegiatan senam prolanis di UPTD Puskesmas Sawangan sudah di laksanakan setiap bulannya. “Sebenarnya, senam prolanis ini sudah setiap bulan kami laksanakan, namun bedanya dengan pelaksanaan bulan ini kita tambah dengan adanya edukasi kesehatan dan skrining kesehatan bagi peserta senam prolanis, dan kegiatan ini juga memang dilakukan serentak tanggal 12 Juli di setiap faskes yang bekerjasama dengan BPJS”.

    dr.Nindya juga menambahkan bahwa jumlah peserta senam prolanis ini juga mendapatkan dukungan yang positif dari peserta, hal tersebut di buktikan dengan jumlah peserta senam prolanis yang lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya. “Alhamdulillah antusias peserta senam prolanis di bulan ini cukup besar, biasanya peserta senam yang ikut 20-an orang saja, tapi di bulan ini sampai 35 orang yang hadir meskipun tidak semua peserta faskes BPJS-nya di Sawangan”

    Sementara itu, kegiatan edukasi kesehatan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan senam prolanis kali ini merupakan penyuluhan kepada peserta senam prolanis terkait jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh peserta senam secara mandiri dan skrining kesehatan yang dilakukan berupa pengecekan tensi darah dan konsultasi kesehatan. “Untuk kegiatan edukasi kesehatan, kami mengangkat tema tentang apa saja jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, kemudian untuk skrining kesehatan kami melakukan pengecekan tekanan darah peserta dan konsultasi kesehatan. Nah untuk peserta yang memiliki faskes BPJS-nya di Puskesmas Sawangan, jika memang sudah jadwalnya kontrol maka akan kami arahkan untuk langsung mengambil nomor antrian untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter pada poli umum sekaligus mendapatkan obat” kata dr.Nindya.

    -Miftahul
Download File