Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2022-08-06 13:49:17

PEKAN ASI SEDUNIA

Tahukah kamu, pekan pertama di awal bulan Agustus yaitu dari tanggal 1 s.d 7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tema global dari Pekan ASI sedunia kali ini adalah "Step up for Breastfeeding, Educate and Support". Sementara tema nasionalnya adalah "Menyusui merupakan kunci dalam menentukan strategi pembangunan berkelanjutan pascapandemi. Diperlukan Literasi dan dukungan para pihak dalam mendukung keberhasilan menyusui".

Oleh karena itu, kepada para ibu menyusui dan ibu hamil yang akan menyusui, mari semangat dalam mengASIhi dan memberikan nutrisi terbaik untuk bayinya. Sebab, menyusui dan mengASIhi sangatlah penting, apa saja manfaatnya? yaitu:
1. ASI mengandung immunoglobulin, antiviral factors, sitokin, dan leukosit yang membantu bayi mempertahankan diri dari serangan virus/bakteri patogen dan meningkatkan sistem imun bayi. Kandungan ini semakin bertambah sering dengan pertambahan usia balita.
2. Hormon oksitosin yang distimulir oleh kegiatan menyusui dapat mengurangi stress pada ibu dan membantu menjaga kesehatan mental ibu.
3. ASI adalah sumber makanan bayi yang aman dan terjamin kualitas dan ketersediaannya bahkan pada krisis global, dan merupakan cara yang hemat tanpa membebani anggaran rumah tangga. 

Di masa pandemi COVID-19 ini, menyusui memiliki tantangan tersendiri bagi para ibu, namun ada 3 pesan penting yang perlu ibu menyusui ketahui, yaitu:
1. COVID-19 tidak terdeteksi di dalam ASI dari ibu yang positif atau terduga terinfeksi. Sampai saat ini pun belum ada bukti yang menunjukkan bahwa virus tersebut ditularkan ke bayi melalui menyusui
2. Besarnya manfaat menyusui jauh melebihi potensi risiko penularan dan penyakit yang terkait COVID-19.
3. Menyusui dan kontak kulit (skin-to-skin contact) secara signifikan mengurangi risiko kematian pada bayi baru lahir dan bayi usia muda, serta memberikan manfaat pada bayi dengan segera sampai seumur hidup. Menyusui juga mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium pada ibu. 

Oleh karena itu, para busui bisa tetap bisa menyusui bayinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai berikut:
1. Memakai masker saat menyusui dan merawat bayi.
2. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang bayi.
3. Membersihkan dan medisinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh ibu dan bayi.
4. Ibu senantiasa menjada kebersihan diri dan payudara serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selamat Pekan ASI Sedunia! Salam Sehat dan Semangat Selalu Semuanya!

Download File