Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2022-07-12 11:11:49

MENGAPA IBU HAMIL PERLU MENJAGA KESEHATAN MULUT DAN GIGI?

Hamil adalah salah satu anugrah terbesar dari Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya fisik dan mental yang harus dipersiapkan selama kehamilan, kesehatan gigi dan mulut juga harus diperhatikan. Karena meskipun tidak tampak dari luar, dampak yang di timbulkan sangat besar.


Selama hamil, calon ibu memerlukan lebih banyak zat-zat gizi daripada wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil dibutuhkan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya, bila makanan ibu terbatas janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu sehingga ibu menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lain-lain.


Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut bermanfaat untuk menjaga kondisi janin agar tetap tumbuh dan berkembang secara sehat dan sempurna, serta mencegah terjadinya kelahiran bayi dengan berat badan tidak normal atau kelahiran prematur. Berikut beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada janin jika ibu hamil tidak merawat gigi dan mulut:

1.    Bayi lahir prematur
Ibu hamil dengan penyakit periodontal memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi lahir prematur. Bakteri di dalam mulut menyebabkan respons peradangan yang akan memacu kontraksi rahim. Menurut penelitian, menjaga kebersihan mulut seperti mengontrol plak dan scalling akan mengurangi timbulnya plak serta karang gigi sehingga kelahiran prematur dapat dihindari.

 

2.    Berat badan lahir rendah
Ibu hamil yang menderita radang gusi berpotensi melahirkan secara prematur dengan berat badan lahir rendah pada bayi. Karena itu, melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan rongga mulut secara teratur sangatlah penting.

3.  Gigi bayi mudah berlubang
Ibu yang berisiko tinggi terhadap karies, juga akan memengaruhi gigi sang calon bayi. Bakteri yang terdapat pada gigi berlubang dari ibu juga akan menginfeksi bayinya. Alhasil, bayi akan lebih rentan memiliki gigi berlubang pada kemudian hari.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memelihara kesehatan gigi dan mulut dengan cara:

1.    Cukupi asupan kebutuhan gizi ibu hamil

2.    Menyikat gigi secara teratur yaitu 2x sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur)

3.    Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

4.    Makan-makanan yang banyak mengandung air dan serat.

5.    Hindari makanan yang mengandung pengawet dan MSG berlebih

6.    Hindari makan makanan yang manis dan lengket.

7.    Periksa gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

 

Referensi:

Rachmat Hidayat, S. K. M. (2016). Kesehatan Gigi dan Mulut Apa yang Sebaiknya Anda Tahu?. Penerbit Andi.

Djamil, M. S. (2011). AZ: Kesehatan Gigi: Panduan Lengkap Kesehatan Gigi Keluarga. Solo: Metagra


(Cut Nurul Husna, Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta 1, Jurusan Kesehatan Gigi)

Download File