Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2023-04-26 11:14:38

MALARIA

Malaria telah lama menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dengan rata-rata kasus tahunan mencapai ratusan ribu kasus, malaria seharusnya menjadi sorotan penting di dunia kesehatan. Beberapa wilayah di Indonesia dengan kasus malaria tertinggi termasuk Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur.

Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium dan disebarkan ke manusia lewat gigitan nyamuk betina Anopheles yang telah terinfeksi. Gejala malaria biasanya muncul 10-15 hari setelah parasit masuk ke tubuh manusia. Jika tidak ada penanganan medis dalam 24 jam, maka gejala dengan cepat akan menjadi penyakit kronis yang tidak jarang berujung pada kematian.

Secara global, diperkirakan ada 247 juta kasus malaria pada tahun 2021 di 84 negara endemik malaria (termasuk wilayah Guyana Prancis), meningkat dari 245 juta pada tahun 2020, dengan sebagian besar peningkatan ini berasal dari negara-negara di Wilayah Afrika. Kementrian Kesehatan mencatat bahwa total kasus malaria di Indonesia tahun 2022 sebanyak 399.666. Persentase suspek malaria yang dikonfirmasi laboratorium baik menggunakan mikroskopis maupun RDT pada tahun 2022 adalah 99,37% dengan jumlah pemeriksaan 2.742.858 dari 2.760.187 suspek yang diperiksa dengan positivity rate (PR) adalah 14%. Kabupaten/kota endemis tinggi malaria masih terkonsentrasi di Indonesia bagian timur, diantaranya Kabupaten Mimika, Jayapura, Kota Jayapura, Keerom, Yahukimo.

Gejala Malaria

Gejala demam tergantung jenis malaria. Sifat demam akut (paroksismal) yang didahului oleh stadium dingin (menggigil) diikuti demam tinggi kemudian berkeringat banyak. Gejala klasik ini biasanya ditemukan pada penderita non imun (berasal dari daerah non endemis). Selain gejala klasik diatas, dapat ditemukan gejala lain seperti nyeri kepala, mual, muntah, diare, pegal-pegal, dan nyeri otot. Gejala tersebut biasanya terdapat pada orang-orang yang tinggal di daerah endemis (imun).

Pencegahan Malaria dengan langkah berikut:

  1. 1.Membersihkan lingkungan sekitar dengan air mengalir
  1. 2.Menebar ikan pemakan jentik
  1. 3.Menutup penampungan air
  1. 4.Tidur menggunakan kelambu
  1. 5.Hindari aktivitas malam dekat perairan

Download File