Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2022-07-02 10:36:16

KERJA CEPAT, KERJA HEBAT, BERANTAS NARKOBA DI INDONESIA

Halo Healthies..!
Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah "Narkotika" kan?
Tapi, apakah kamu tanggal berapa Hari Narkotika Internasional?

Yap tanggal 26 Juni diperingati sebagai hari Anti Narkotika Internasional, dan pada tahun 2022 ini peringatan hari anti narkotika internasinal bertemakan "Kerja Cepat, Kerja Hebat, Berantas Narkoba di Indonesia"

Ada banyak jenis-jenis narkotika yang sudah terdaftar diantaranya yaitu Morfin, Kokain, Shabu, Heroin, LSD, Inhalants, Ganja, Opium, Erimin-5, Katamine, Lysergide dan Ekstasi.
Apapun jenis narkotika, semuanya dapat menimbulkan bahaya jika digunakan. Adapun bahaya yang dapat disebabkan akibat penggunaan Narkotika yaitu:
1. Dampak Psikolosis
Dampak Psikologis yang dirasakan seperti esmosi yang tidak terkendali, mudah tersinggung, selalu berbohong, tidak merasa aman, sulit berkonsentrasi, ketakutan luar biasa, curiga yang berlebihan, depesi dan bahkan bisa menyebabkan gila.

2. Dampak Fisik
Banyak penyakit yang mengintai pada pecandu Narkotika, seperti HIV AIDS, Hepatitis A,B dan C, kemampuan kognitif menurun, gangguan pada fungsi hati (liver), gagal ginjal, infeksi penularan seksual, gangguan paru-paru dan pernapasan serta gangguan jiwa.

3. Dampak Sosial
Dampak sosial yang dapat terjadi seperti mengganggu ketertiban umum, merasa dikucilkan, menarik diri dari lingkungan, cenderung menghindari kontak dan komunikasi dengan orang lain, tidak peduli dengan nilai atau norma yang ada, melakukan seks bebas dan cenderung melakukan tindak pidana kekerasan

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja jenis-jenis Narkotika dan bahayanya. Jadi, hindari apapun jenis Narkotika untuk kualitas hidup lebih sehat.


(Raden Putri Annisya Affriany Prasetyo, SKM)

Download File