Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2023-01-30 08:41:22

Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani untuk Cegah Stunting

Selamat Hari Gizi Nasional Ke-63!

Tahukah kamu? Tema dari Hari Gizi Nasional ke 63 kali ini adalah "Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani untuk Cegah Stunting".

Apa itu stunting?
Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting dapat terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun (Kemenkes RI, 2022).

Menteri Kesehatan Bapak Budi G. Sadikin mengungkapkan, stunting disebabkan berbagai faktor, salah satunya karena kurangnya asupan penting seperti protein hewani, nabati dan zat besi sejak sebelum sampai setelah kelahiran (Kemenkes RI, 2023). Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mengkampanyekan pentingnya pemberian protein hewani kepada anak utamanya anak usia dibawah 2 tahun. Sehingga slogan dari Hari Gizi Nasional tahun ini adalah "Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani untuk Cegah Stunting".

Isi piringku itu sendiri merupakan program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menggantikan konsep 4 sehat 5 sempurna. Sebab, konsep 4 sehat 5 sempurna kini tidak pagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Isi piringku harus disesuaikan dengan kebutuhan di masing2 kelompok usia. Mulai dari kelompok usia 6-23 bulan, Balita, dewasa, ibu hamil, dan lansia.

Ingat ya sobat sehat, #cegahstuntingitupenting 
Salam sehat dan semangat selalu semuanya!

#HariGiziNasional2023
#HariGiziNasional63

- Raden Putri Annisya Affriany Prasetyo, SKM.

Download File