Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Sawangan
Puskesmas
  • Puskesmas Sawangan
  • PROMOSI KESEHATAN
2022-06-29 13:15:53

Bagaimana Cara Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut?


Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat terjaga dengan baik, serta terhindar dari masalah gigi dan mulut. Masalah-masalah pada gigi dan mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, gusi berdarah dan masalah lainnya. Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut:

1. Rajin menyikat gigi 
Menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Dengan rajin menyikat gigi dapat membuat gigi anda bersih dan sehat, serta menyegarkan mulut. Dianjurkan untuk rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Perlu anda ketahui syarat sikat gigi yang baik adalah tangkai sikat gigi yang lurus agar mudah dipegang, kepala sikat gigi tidak terlalu besar agar dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dan bulu sikat gigi yang lembut, serta permukaan bulu sikatnya rata.

2. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan buah dan sayuran yang berserat dan berair dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Contoh buah-buahan seperti buah apel, pir, semangka, jeruk, dan lainnya. Kemudian contoh sayuran seperti sawi, brokoli, bayam, wortel dan lain sebagainya.

3. Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan gigi dan mulut. Dengan minum air putih dapat membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Maka anda harus rutin minum air putih setiap harinya.

4. Kurangi makanan manis dan melekat
Memelihara kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan juga dengan mengurangi atau membatasi konsumsi makanan manis dan melekat karena jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi rusak atau berlubang. Contoh makanan manis dan melekat seperti coklat, permen, es krim, kue, dan lain sebagainya. 

5. Rutin periksa gigi ke dokter gigi
Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mendeteksi lebih awal kondisi gigi dan mulut anda. Jika ada masalah pada gigi, gusi maupun rongga mulut dapat segera diatasi, sehingga anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

Itulah beberapa cara dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut anda dapat mencegah penyakit gigi dan mulut. Oleh karena itu, anda harus selalu memperhatikan kebersihannya, menjaga pola hidup yang sehat agar gigi dan mulut anda dapat terjaga dengan baik dan juga sehat.

Referensi :
Herijulianti, E,2001. Pendidikan Kesehatan Gigi. EGC. Jakarta
Setyaningsih, D., 2007, Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jakarta: CV Sinar Cemerlang Abadi.

(Lola Amelia, Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta 1, Jurusan Keperawatan Gigi)

Download File